Ujian Final Olimpiade Halal 2019

2019-12-09 10:31:46

Bogor – Nama-nama finalis Olimpiade Halal 2019 telah diumumkan pada beberapa waktu lalu. Sejumlah seratus nama dipilih dari 19.698 peserta dari 28 provinsi di Indonesia dan di lima negara di luar negeri, yaitu: Malaysia, Singapura, Thailand, Flipina dan Pakistan. Kini, saatnya para finalis kembali unjuk gigi dalam ujian final Olimpiade Halal 2019.

Pada 9 Desember 2019, para finalis melakukan ujian final secara serentak pukul 10.00 sampai 11.00. Sejumlah 45 finalis berasal dari Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta melakukan ujian di Gedung Global Halal Center, Bogor. Sementara 55 orang lainnya melakukan ujian di provinsi dan negara masing-masing.

Olimpiade Halal merupakan upaya Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) untuk mencetak pendakwah dan pegiat halal. Ir. Osmena Gunawan, Wakil Direktur LPPOM MUI, menekankan pentingnya dakwah atau sosialisasi tentang halal di masyarakat.

“Kita harus sama-sama menyebarkan dakwah ini. Dakwah ini berbeda dengan dakwah lainnya. Kita bicara soal pentingnya makanan halal, yang berlaku dan dibutuhkan di semua zaman,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Osmena juga mengimbau semua finalis dan guru pendamping untuk terus mensosialisasikan halal, minimal dimulai dengan menerapkan prinsip halal ke diri masing-masing.

Osmena menunjuk contoh kerjasama antara  LPPOM MUI dengan Dinas Ketahanan Pangan Kota Bogor yang menjalankan program Kantin Sekolah: Sehat, Aman, dan Halal.

“Sekarang sekolah-sekolah di Bogor mulai menerapkan kantin halal. Bukan tidak mungkin hal ini juga diterapkan di sekolah-sekolah lain. Semua makanan tidak harus bersertifikasi halal, minimal kantin diawasi oleh pihak sekolah, terutama dari segi kebersihan, keamanan, dan kehalalan makanan di kantin,” ujar Osmena. (YN, IRJ)

Artikel Terbaru Lainnya

INDEX ARTIKEL

Jakarta Sekretariat LPPOM MUI

Bogor Global Halal Centre

-->