LPPOM MUI Galang Dana Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron

2021-05-26 15:50:51

Muslim dunia kembali berduka. Sejumlah serangan terus diluncurkan Israel ke Palestina. Kejadian luar biasa ini telah merenggut banyak korban jiwa. Selain itu, kerugian dari segi materiil yang diderita para korban juga sangat besar.


Atas hadirnya kejadian tersebut, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyelenggarakan penggalangan dana. Menurut jajaran Direksi LPPOM MUI, hal ini merupakan bentuk dukungan dan kepedulian keluarga besar LPPOM MUI kepada muslim di Palestina.


Dana bantuan sejumlah Rp23.640.906 berhasil dikumpulkan dari insan LPPOM MUI dan telah disalurkan melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 23 Mei 2021. Nantinya, dana ini akan digunakan untuk membangun Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH). Hal ini melihat dari semakin mendesaknya kebutuhan sarana kesehatan dan perawatan warga Palestina akibat kekejaman Israel. 


Dilansir dari mui.or.id, MUI melalui Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional (HLNKI) terus menggalang dukungan dan dana untuk program pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron, Palestina yang akan didirikan di atas tanah waqaf seluas 4.000 m2.


Ketua Bidang HLNKI-MUI, Sudarnoto Abdul Hakim, menjelaskan rencana pembangunan rumah sakit ini diharapkan dapat selesai dalam waktu sesuai kesepakatan MUI dengan Walikota Kota Hebron, Tayser Abu Sneineh yang ditandai MoU pada 4 Januari 2020 lalu di Amman, Yordania. 


Rumah sakit tersebut rencananya akan dibangun untuk menampung para pasien di wilayah Hebron yang berpenduduk sekitar 1,2 juta yang membutuhkan bantuan pengobatan, khususnya untuk fisioterapi dan rehabilitasi.


“Saat ini, proses pembangunan masih tahap pengumpulan dana dan pengiriman relawan dan insinyur ke sana. Sebenarnya rombongan MUI sudah siap untuk diberangkatkan ke lokasi pembangunan namun belum dapat berangkat karena kondisi belum memungkinkan dan situasi pandemi saat ini,” ujar Sudartono.


Ketua Presidium Al-Aqsa Working Group (AWG), M. Anshorullah, menyambut kerjasama bersama MUI dalam progam pembangunan rumah sakit di lokasi di mana Masjid Ibrahimi sebagai salah stau masjid bersejarah bagi dunia Islam itu yang kini masih diduduki Israel.


“Pembangunan rumah sakit ini merupakan bentuk nyata komitmen dan dukungan yang besar bangsa Indonesia terhadap penderitaan rakyat Palestina,” tegasnya.


Setelah pembangunan rumah sakit pertama di Gaza sepuluh tahun yang lalu, maka pembangunan rumah sakit ke dua di wilayah Tepi Barat ini diharapkan bisa memberikan manfaat untuk meringankan penderitaan rakyat Palestina.

Artikel Terbaru Lainnya

INDEX ARTIKEL

Jakarta Sekretariat LPPOM MUI

Bogor Global Halal Centre

-->