Menko Kesra Membuka Mu'tamar Al-'Alami Lil-Fatwa

 

Jakarta – Mewakili Pemerintah Indonesia selaku tuan rumah, Menko Kesra Agung Laksono membuka Mu’tamar Al-‘Alami Lil-Fatwa (Konferensi Internasional Fatwa), pada 24 Desember 2012 di Jakarta. 

 

Menurut Agung Laksono dalam kata sambutannya saat membuka konferensi yang berlangsung sampai 26 Desember 2012 itu, Konferensi Fatwa ini diharapkan sebagai langkah proaktif terhadap permasalahan yang disodorkan umat. “Fatwa sudah semestinya menjadi respon proaktif dari para otoritas pemberi fatwa dalam menanggai, bahkan terhadap persoalan-persoalan yang belum terjadi, namun sudah dapat diprediksi kehadirannya. Dengan demikian, lembaga pemberi fatwa dituntut lebih jeli dan produktif dalam memahami kebutuhan riil masyarakat Muslim,” ujarnya. 

 

Otoritas Ulama

 

Sedangkan Menteri Agama, Suryadharma Ali menyatakan, "Fatwa merupakan otoritas ulama dan lembaga keagamaan, ditetapkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat." 

 

Dijelaskannya pula, fatwa dikeluarkan untuk menjawab permasalahan umat Islam yang tidak diatur secara eksplisit di dalam Al-Quran dan As-Sunnah. Dengan Konferensi yang dikuti 300 peserta dari 20 negara ini juga diharapkan akan dapat terbangun ukhuwah dan kerja sama yang sinergis dari para ulama dan komunitas fatwa dari seluruh dunia untuk saling berbagi dan menguatkan peran fatwa di negara masing-masing. Sebab, tambahnya lagi, peserta yang mengikuti konferensi ini bukan hanya dari kalangan ulama, melainkan juga para tokoh umat dari berbagai bidang keahlian, pakar, profesi, praktisi dan akademisi Muslim.

 

Turut memberikan sambutan pada pembukaan Konferensi, Sekjen Rabithah Al-Alam Al-Islami, Syekh Dr. Abdullah bin Abdul Muhsin at-Turki mengemukakan,  konferensi yang diselenggarakan di Jakarta itu memiliki peran penting, karena akan membahas berbagai masalah aktual yang berkembang di kalangan umat. “Kita berharap, dengan dukungan fatwa, umat muslim di masa kontemporer yang penuh dinamika sosial, dengan perkembangan ilmu dan teknologi ini, dapat melakukan ibadah dengan baik dan benar sejalan dengan syariat Islam,” Sekjen Rabithah Alam Islami menandaskan.

 

Menag Meluncurkan Situs Media Islam Internasional

 

Bersamaan dengan pembukaan Konferensi Fatwa, Menteri Agama juga melakukan launching Situs Media Islam Internasional, kerja sama antara Kementerian Agama dengan Rabithah Alam Islami. “Peluncuran situs media Islam internasional ini merupakan tindak-lanjut dari hasil konferensi media Islam internasional kedua yang juga telah diselenggarakan di Jakarta pada Desember 2011 yang lalu,” kata Suryadharma lagi.

 

Menurutnya, situs yang disajikan dalam tiga bahasa dunia (Indonesia, Arab, dan Inggris) ini merupakan wahana bagi umat Islam di dunia untuk menunjukan posisinya kepada masyarakat internasional tentang berbagai isu yang berkembang di dunia Islam dan masyarakat muslim. Umat Islam yang saat ini merupakan seperempat dari jumlah penduduk dunia perlu menjalin ukhuwah Islam yang lebih kokoh yang dimanifestasikan tidak hanya dalam tekad dan cita-cita, melainkan juga dalam fikiran, tindakan, dan karya nyata, di tengah realitas kontemporer perkembangan media sosial yang dihadapi.

 

Menag mengemukakan harapan lebih lanjut, situs dengan alamat www.islamicnewsmedia.org., ini nantinya dapat mendorong terwujudnya keseimbangan informasi di dunia dan sekaligus dapat menyebarkan pesan kepada dunia tentang Islam yang cinta keadilan dan perdamaian. Situs ini juga diharapkan dapat menjadi media yang mampu meluruskan pandangan-pandangan negatif tentang Islam, memperbaiki pemahaman yang melenceng tentang Islam, sehingga masyarakat dunia dapat memperoleh informasi dan pengetahuan tentang Islam yang sesungguhnya, dan secara bertahap dapat mengurangi dan menghilangkan gejala Islamophobi, yang melanda sebagian kalangan, terutama di barat. Menteri Agama menandaskan harapannya. (Usm).

 


   |    Saturday, 25/10/2014

Workshop Otentifikasi Halal dengan Pengujian Laboratorium

jakarta - simposium pertama tentang riset halal global yang diselenggarakan oleh lembaga pengkajian pangan, obat-obat dan kosmetika majelis ulama indonesia (lppom

Read More
   |    Saturday, 25/10/2014

MUI Luncurkan TV-MUI

bertepatan dengan tahun baru islam, 1 muharam tahun 1436 h atau sabtu, 25 oktober 2014, majelis ulama indonesia (mui) meluncurkan tv-mui di gedung mui pusat, jalan

Read More
   |    Thursday, 23/10/2014

Simposium Pertama Riset Halal Global 2014

jakarta – dalam rangkaian acara pameran halal indhex 2014, lembaga pengkajian pangan, obat-obatan dan kosmetika, majelis ulama indonesia (lppom mui)

Read More
   |    Wednesday, 22/10/2014

INDHEX 2014 Dibuka oleh Ketua MPR RI

jakarta - ketua majelis permusyawaratan rakyat (mpr) ri, dr (hc) h. zulkifli hasan s.e., membuka secara resmi “international indonesia halal expo”

Read More
   |    Wednesday, 22/10/2014

SJH Diimplementasikan Perusahaan Mancanegara

bogor – menjaga dan menjamin kehalalan produk yang telah dinyatakan halal dengan fatwa halal oleh komisi fatwa (kf) majelis ulama indonesia (mui) bukan hanya

Read More
   |    Monday, 20/10/2014

Telah Wafat, KH. Hafizh Usman

kullu nafsin dzaaiqotul-maut. innaalillaahi wa innaa ilayhi roji’uun...  

Read More
   |    Sunday, 19/10/2014

Halal Sebagai Kunci Kesuksesan Usaha

jakarta – pangan halal, kini, bukan hanya menjadi kebutuhan bagi orang yang beriman, melainkan juga telah menjadi gaya hidup yang diimplementasikan kian meluas.

Read More
   |    Wednesday, 15/10/2014

Training Internasional bagi LSH Luar Negeri

bogor – dalam rangkaian acara pameran halal indhex 2014, lembaga pengkajian pangan, obat-obatan dan kosmetika majelis ulama indonesia (lppom mui) kembali

Read More
   |    Friday, 10/10/2014

Simposium 'Global Halal Riset' oleh LPPOM MUI di Jakarta

jakarta – keragaman bahan pangan, obat-obatan dan kosmetika terus berkembang setiap saat, seiring dengan tumbuhnya permintaan konsumen. industri dan teknologi

Read More
   |    Friday, 10/10/2014

Bogor Halal Fair di Botani Square

pemerintah kota bogor menyerahkan sertifikat halal mui kepada ukm binaan, yang diwakili oleh tiga perusahaan, yakni saung kirai, "kriuk" es garing dan lapis

Read More
 
1 2 3 >  Last ›