Menikmati Kuliner Lezat dan Halal di Penang

2020-01-22 15:00:21

Beberapa waktu lalu, reporter Halal MUI/Jurnal Halal melakukan kunjungan wisata ke Penang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengeni wisata kuliner apa saja yang ada di Penang, mari kita simak tulisan berikut ini.

Selain Kuala Lumpur, Melaka dan Johor Bahru, Pulau Penang adalah salah satu destinasi wisata favorit di Malaysia. Meski Penang terkenal dengan wisata alam dan budayanya, namun, wisata kuliner di Penang tentu menjadi satu hal yang tak boleh dilewatkan.

Beragam makanan lezat bisa ditemukan dan disantap di Penang. Makanan di Malaysia dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan. Mulai dari makanan India, Melayu, China Peranakan, Kalimantan hingga Portugis, Belanda dan Inggris. Hasil dari percampuran itu menghasilkan makanan yang beragam, kaya rasa dan cocok di lidah orang Indonesia karena ada kemiripan dengan makanan Indonesia.

Tidak lengkap bila ke Penang tidak mencoba Nasi Kandar, Nasi Lemak, Laksa, Cendol, Mi Sotong, Rojak, dan makanan khas lainnya. Mi sotong Hameed Pata yang terletak di Esplanade Park, Padang Kota Lama bias menjadi salah satu destinasi wisata kuliner Anda. Kedai mi ini mencolok karena antreannya yang panjang. Rasanya enak, apalagi ditambah dengan perasan jeruk yang menyegarkan.

Ada juga Es Cendol Teochew yang sangat cocok dengan cuaca di Penang yang panas. Kedai Es Cendol yang terletak di Lebuh Keng Kwee ini sangat terkenal sehingga pengunjung harus antre panjang untuk menikmati semangkok cendol. Tapi, kedai ini memiliki cabang di Gurney Plaza, jadi bila tidak ingin antre lama dan berpanas-panasan, kedai di mal ini cocok jadi pilihan. Selain cendol hidangan es kacang juga layak untuk dicoba.

Bagi Anda yang ingin mencicipi restoran China Muslim Halal di Penang bisa mampir ke restoran CMR (China Muslim Restoran) di daerah Bayan Baru. Aneka hidangan masakan China bisa dinikmati di restoran ini. Seperti aneka Lamien, hidangan seafood, hidangan kambing, dan hidangan khas lainnya.

Tidak sulit mencari dan mencicipi kuliner halal di Penang, banyak restoran atau kedai makanan yang sudah memiliki sertifikat halal dari JAKIM (Lembaga Sertifikasi Halal) Malaysia. Biasanya logo halal ditempel di pintu masuk kedai atau restoran maupun di menu restoran tersebut. Sehingga memudahkan kita untuk bisa mencicipi aneka hidangan halal di Penang. Pelayan restoran dan kedai dengan senang hati akan memberitahu bahwa hidangan yang mereka sajikan adalah halal.

Untuk oleh-oleh, Penang punya kue khas yang cocok dijadikan buah tangan. Namanya Kue Tambun. Di Indonesia, kue ini seperti bakpia dengan beragam isian. Namun, beda dengan bakpia, kulit Kue Tambun rasanya asin dan beraroma bawang yang cukup dominan. Perpaduan rasa asin dan manis membuat kue tambun memiliki rasa yang unik. Kue khas ini bisa didapatkan di sudut-sudut kota Penang, salah satu kedai kue tambun yang sudah bersertifikat halal adalan Ben Heang yang terletak di jalan Macalister Penang. (AH, AMR)

 

Artikel Terbaru Lainnya

INDEX ARTIKEL

Link LPPOM MUI

Jakarta Sekretariat LPPOM MUI

Bogor Global Halal Centre

-->