SNI ISO/IEC 17065:2012 LPPOM MUI

LPPOM MUI merupakan Lembaga Sertifikasi Halal (LSH) pertama dan satu-satunya di Indonesia yang telah memperoleh sertifikat akreditasi SNI ISO/IEC 17065:2012  dari Badan Sertifikasi Nasional (BSN). Sertifikat akreditasi ISO diserahkan oleh Kepala BSN Prof. Dr. Ir. Bambang Prasetya, M.Sc kepada Direktur LPPOM MUI Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si, pada 31 Januari 2018 di Jakarta.

Sertifikat ISO 17065 merupakan penilai­an kesesuaian persyaratan akreditasi lembaga sertifikasi produk, barang, dan jasa untuk menjamin lembaga sertifika­si melaksanakan sistem sertifi­kasi pihak ketiga secara konsisten. Standar tersebut digunakan sebagai acuan bagi badan akreditasi dalam mensyaratkan pengoperasian lembaga sertifikasi produk, proses, dan jasa.

Dengan adanya sertifikat SNI ISO/IEC 17065:2012 ini, LPPOM MUI dapat menjalankan lembaga sertifikasi sesuai standar dunia internasional dan keberterimaan produk yang disertifikasi LPPOM MUI ke negara-negara dengan acuan standar yang sama, contohnya UEA (Uni Emirat Arab). Akan ada kemudahan bagi ekspor produk yang telah disertifikasi LPPOM MUI masuk ke negara-negara Timur Tengah dan OKI (Organisasi Kerjasama Islam).

Pada tahun berikutnya, hasil rapat Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada 24 April 2019 memutuskan bahwa LPPOM MUI berhak mendapatkan akreditasi penambahan ruang lingkup Rumah Potong Hewan (RPH) dan lingkup skema Uni Emirat Arab (UEA) S.2055-2.2016 dari lembaga akreditasi tersebut.

Dengan diperolehnya akreditasi penambahan, maka menurut Sekretaris Jenderal KAN, Drs. Kukuh S. Achmadi, M.Sc, dalam surat tertanggal 7 Mei 2019, LPPOM MUI berhak menggunakan simbol akreditasi  atau pernyataan akreditasi oleh KAN di ruang lingkup RPH dan sesuai dengan skema standar UEA. LPPOM MUI memiliki ruang lingkup tambahan yakni RPH, dan memiliki total ruang lingkup akreditasi sebanyak 15 kategori berdasarkan standar UAE 2055:2-2016.

KAN memberikan akreditasi untuk LSH yang dapat memenuhi persyaratan dalam SNI ISO/IEC 17065:2012 ‘Penilaian kesesuaian – Persyaratan untuk lembaga sertifikasi produk, proses, dan jasa’ yang merupakan adopsi identik dari ISO/IEC 17065:2012 ‘Conformity assessment – Requirements for bodies certifying products, processes and services’.

KAN selanjutnya akan melakukan akreditasi kepada lembaga sertifikasi halal untuk produk yang diekspor ke UAE dan melakukan pengawasan terhadap lembaga sertifikasi tersebut untuk menjamin integritas sertifikat halal yang diterbitkan. Informasi lebih lanjut tentang SNI ISO/IEC 17065:2012 bisa diklik di sini.

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia