Info Halal

Kawasan Halal Fair 2017

Munculnya kasus-kasus makanan, minuman,  atau perlengkapan kosmetik  dengan menggunakan bahan baku yang diharamkan membuat masyarakat semakin  peduli pentingnya produk-produk halal.

Keadaan tersebut telah memberi dampak positif yaitu semakin berkembang dan diminatinya produk-produk halal terutama dibidang pangan, kosmetika, dan obat-obatan.

Beberapa riset memperlihatkan bahwa pertumbuhan populasi muslim secara global meningkat dan pertumbuhannya mempengaruhi mangsa pasar halal.

Tak aneh bila lambat laun sertifikasi halal menjadi pertimbangan perusahaan sebagai salah satu jurus meningkatkan penjualan. Pasalnya, pasarnya tidak saja untuk yang umat muslim, namun permintaan akan produk halal juga meluas ke kalangan non-muslim. Alasannya, kualitas dan prosesnya lebih terjamin. Apalagi pelaku usaha nasional sudah memiliki kemampuan untuk memproduksi barang ekspor dengan standar Islam.

Oleh karenanya, mengingat adanya Undang-Undang No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No.158 tahun 2013 tentang Sertifikasi Halal Restoran dan Non-Restoran, MUI DKI Jakarta membentuk tim Kawasan Halal MUI DKI Jakarta yang anggotanya terdiri dari LPPOM MUI, Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat dan Komisi Infokom MUI Jakarta 

Kawasan Halal MUI DKI Jakarta adalah rencana wilayah halal atau arena perdagangan yang kehalalannya dijamin dan dibina oleh MUI dan sekaligus menjadi destinasi wisata halal.

Berkenaan dengan program kerja Kawasan Halal MUI DKI Jakarta, maka dibentuklah event Kawasan Halal Fair 2017 yang akan berlangsung pada 9-18 Juni 2017 di Mall Plaza Semanggi (Jl. Jend. Sudirman Kav. 50 Jakarta Selatan) Lt. 3.

Kegiatan yang bertajuk “Kawasan Halal Fair 2017: Menjadikan Jakarta Sebagai Destinasi Wisata Halal” ini menjadi salah satu syiar MUI DKI untuk mengenalkan masyarakat produk-produk yang sudah tersertifikasi halal sekaligus menyemarakkan bulan suci Ramadhan.

Serangkaian acara yang meramaikan Kawasan Halal Fair dianataranya ada lomba mewarnai tingkat SD, lomba tahfidz tingkat SD-SMP, santunan yatim, buka bersama dan shalat tarawih berjama’ah, tausiah, moeslim community gathering, talkshow, cooking class with chef halal, islamic multi product, halal food bazaar, yang tentunya produk-produk pangan, obat-obatan, dan kosmetika yang diikutsertakan dalam kegiatan ini harus sudah memperoleh sertifikasi halal dari LPPOM MUI Pusat maupun Provinsi. 

Seluruh rangkaian ini tentunya bertujuan untuk: Melakukan sosialisasi, promosi dan edukasi tentang produk halal dan kawasan halal kepada pemerintah, pebisnis dan masyarakat. Meningkatkan pengetahuan Halal untuk kehidupan sehari hari di seluruh aspek kehidupan masyarakat DKI Jakarta. Melakukan pembinaan kepada IKM dan UMKM yg telah tersertifikasi halal maupun belum dalam mengembangkan usahanya.

Untuk itu, bagi Anda yang berminat untuk ikut kegiatan ini, silakan hubungi narahubung panitia di 0857-9753-9476, atau datang langsung ke sekretariat Halal Fair 2017 di Jalan Tebet Timur Dalam Raya No. 31 B. Untuk informasi selengkapnya, dapat diunduh pada lampiran ini.


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia