Info Halal

Presiden Jokowi Hadiri Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin

Malang - Melalui sidang senat terbuka Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang pada 24 Mei 2017 mengukuhkan Dr. KH. Ma'ruf Amin sebagai Guru Besar Bidang Ekonomi Muamalat Syariah. "Beliau bukan saja ulama yang gencar menyuarakan Islam yang Rahmatan Lil'alamin namun juga ilmuwan yang memotori munculnya sistem ekonomi muamalat di Indonesia," ujar Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo. MSi dalam sambutan pembukaannya.

Dalam Surat Keputusan Menristek Dikti tertanggal 16 Mei 2017 berdasarkan usulan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang maka Dr. KH. Ma'ruf Amin dinilai cakap menyandang gelar Profesor pada bidang Ekonomi Muamalat Syariah, dan diangkat sebagai guru besar di lingkup Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Ketika menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul "Solusi Hukum Islam sebagai Pendorong Arus Baru Ekonomi Syariah di Indonesia", Prof. Dr. KH Ma'ruf Amin menyatakan bahwa kelas menengah Islam di dunia kini menunjukkan gelombang besar yang baru. Mereka telah selesai dalam urusan ekonomi namun membutuhkan sisi spiritualnya. "Inilah yang akan menjadi arus baru ekonomi syariah di Indonesia. Terlebih lagi, kendala yang dulu pernah menjadi rintangan dalam ekonomi syariah kini sudah bisa diatasi, misalnya dengan adanya sukuk negara yang menjadi wahana investasi syariah terbesar di dunia," kata Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin. (Orasi Ilimiah Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin bisa di download disini)

Selain Presiden Jokowi, hadir pula sejumlah pejabat antara lain Menristek Dikti M. Nasir, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, pengusaha Chairul Tanjung dan ratusan tamu undangan lainnya. Dalam acara tersebut Presiden Jokowi tidak memberikan sambutan. (FM)

 


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia