Info Halal

Asesmen BNSP Terhadap LSP LPPOM MUI

Bertempat di sebuah ruang lantai 2 Gedung Global Halal Centre, Bogor, pada 6 Januari 2017 lalu berlangsung sebuah acara tasyakur sederhana atas selesainya asesmen terhadap Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LPPOM MUI dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Berdasarkan surat permohonan pengajuan lisensi  Full Asesment dan Witness dari LSP LPPOM MUI kepada BNSP, Alhamdulillah telah dilakukan Full Asesment dan Witness pada 5-6 Januari 2017. “Full Asesment adalah proses penilaian terhadap kesesuaian sistem mutu dan pelayanan sertifikasi kompetensi LSP yang dilakukan pada 5 Januari 2017. Witness adalah penyaksian pelaksanaan uji kompetensi, untuk mengumpulkan bukti objektif yang menunjukkan bahwa LSP kompeten dan bekerja sesuai standar dan persyaratan BNSP yang dilakukan pada 6 Januari 2017,” ujar Kepala LSP LPPOM MUI, Ir. Nur Wahid, M.Si.

Dia mengakui, hasil pengujian lisensi tersebut terdapat beberapa kelemahan minor, namun dapat dilengkapi saat itu juga sehingga secara umum hasilnya adalah tidak ditemukan kelemahan dan semua prosedur telah sesuai dengan standard.

Untuk Permulaan LSP LPPOM MUI mengajukan 1 skema sertifikasi yaitu skema sertifikasi okupasi nasional penyelia halal. Proses Full assessment dan witness dilakukan oleh asesor lisensi BNSP dengan Lead Asesor Hasnawati dan anggota Retna Komala.

Adapun peserta Witness adalah  personal dari perusahaan yang menerapkan HAS 23000. LSP LPPOM MUI mengundang 3 peserta yang meruapakn peserta pertama yang akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi untuk Skema Sertifikasi Okupasi Nasional Penyelia Halal. Ketiga peserta tersebut adalah Siti Nurhayati dari PT Nutrifood Indonesia, Nurul Fuadah dari PT Symrise dan Tb Imam Gazali dari PT Rekso Nasional Food (McD Indonesia). Ketiga peserta tersebut telah melaksanakan proses uji kompetensi dan dinyatakan kompeten dalam rapat komite teknis LSP LPPOM MUI.

Seperti diketahui, sertifikat kompetensi merupakan bukti pengakuan tertulis atas penguasaan kompetensi kerja pada jenis profesi tertentu yang diberikan oleh LSP atau BNSP.  Blanko sertifikat kompetensi resmi dikeluarkan oleh BNSP dan merupakan sertifikat yang diberikan dari negara.

 

 


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia