Info Halal

Pengetahuan Titik Kritis Kehalalan Bahan Obat (HAS 23202)

Telah terbit serial buku HAS terbaru dengan judul Pengetahuan Titik Kritis Kehalalan Bahan Obat (HAS 23202) berisi uraian rinci tentang titik kritis kehalalan bahan obat yang dapat digunakan untuk menetapkan dokumen apa yang harus dimintakan untuk membuktikan status kehalalan bahan obat.

LPPOM MUI telah menerbitkan dokumen HAS 23000-4 Persyaratan Sertifikasi Halal Industri Obat. Buku ini merupakan turunan dari dokumen HAS 23000 tersebut, yang dibuat untuk menjelaskan lebih rinci dan teknis mengenai kriteria bahan khususnya di industri obat, sehingga diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menerapkan SJH.

Buku ini disusun berdasarkan nama bahan/produk obat, bentuk sediaan obat, kemungkinan asal usul bahan, titik kritis bahan dan dokumen pendukung bahan yang diperlukan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami secara utuh tentang pengetahuan bahan obat halal maka penjelasan bahan dituliskan dalam urutan yang sama dengan yang tercantum pada buku Farmakope Indonesia Edisi V tahun 2014 sebagai persyaratan mutu bahan baku dan sediaan jadi obat yang beredar di Indonesia. Setiap bahan baku atau sediaan jadi obat dijelaskan berdasarkan asal bahan, cara produksi dan pendekatan titik kritisnya. 

Berdasarkan fatwa MUI Nomor 30 Tahun 2013 tentang Obat dan Pengobatan yang dapat dilihat pada Lampiran 1, obat yang digunakan untuk kepentingan pengobatan wajib menggunakan bahan yang suci dan halal, kecuali untuk kondisi darurat tertentu. Merujuk pada fatwa MUI tersebut, buku ini berisi keterangan bahan berdasarkan aspek kehalalan dan kesuciannya. Bahan yang digunakan untuk produk obat yang akan disertifikasi halal harus menggunakan bahan yang jelas kehalalan dan kesuciannya.

Buku ini berisi persyaratan bahan obat halal sebagai panduan bagi: (i) Perusahaan yang akan mempersiapkan dokumen bahan obat yang memenuhi persyaratan sertifikasi halal LPPOM MUI; (ii) Lembaga sertifikasi halal dan auditor halal yang akan menilai kecukupan dokumen bahan obat dalam proses sertifikasi halal; dan (iii) Pemangku kepentingan halal lainnya, seperti masyarakat umum, pemerintah, dan lain-lain.

Buku ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan penjelasan tentang titik kritis bahan obat dan jenis dokumen pendukung yang dapat dipenuhi untuk membuktikan bahwa bahan tersebut halal. Besar harapan kami buku ini dapat dengan mudah digunakan baik bagi perusahaan dan profesional yang terlibat dalam proses sertifikasi halal produk obat. Buku ini juga dapat berguna sebagai referensi sehingga dapat tercapai pemahaman yang sama dalam memandang persyaratan bahan obat halal. Kami harap dengan terbitnya buku ini dapat menjadi tonggak baru dalam penelitian di bidang farmasi demi terciptanya obat yang halal sesuai dengan ketentuan MUI.

Informasi Pembelian : 

Harga : Rp. 200.000

Cara mendapatkannya :

1. Dapat langsung membeli di kantor LPPOM MUI baik yang di Jakarta maupun di Bogor

2. Dapat dikirim melalui jasa pengiriman atau pos

3. Harga belum termasuk ongkos kirim & PPn 10%

4. Ongkos kirim Rp. 50.000,-

5. Pembayaran melalui transfer ke Bank BNI Syariah :

    No. Rekening          : 011.6601.739

    Pemilik Rekening    : LP POM MUI

 

 


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia