Info Halal

Tasyakur 50 Tahun, Dexa Medica Terima Sertifikat Halal MUI

Palembang - Dexa Medica, sebagai salah satu perusahaan farmasi di Indonesia, kini menginjak usia 50 tahun. Dalam  momen istimewa ini, Dexa Medica mengadakan tasyakuran 50 tahun bertempat di Dexa Medica Site Palembang (27/09) melalui komitmen “mengabdikan keahlian dalam peningkatan kesehatan masyarakat” sekaligus mendukung program Pemerintah melalui penyediaan obat bermutu dan halal.

Bersamaan dengan acara seremonial kali ini, dilakukan penyerahan Sertifikat Halal MUI dan Sertifikat Sistem Jaminan Halal (SJH) kepada PT Dexa Medica yang diserahkan langsung oleh Direktur LPPOM MUI, Dr. Lukmanul Hakim, M.Si kepada pimpinan Dexa Group, Ferry Soetikno untuk kategori produk obat-obatan, bahan obat serta suplemen.

Dalam sambutannya di acara ini, Direktur LPPOM MUI mengapresiasi Dexa Medica sebagai salah satu produsen obat-obatan yang memperhatikan kehalalan. “Melalui Sertifikat Halal, Dexa Medica berarti memperhatikan hak-hak konsumen muslim dalam mengkonsumsi obat halal. Pencapaian ini tidak mudah, terutama di industri farmasi, namun bukan suatu yang tidak mungkin untuk diperoleh. Dibutuhkan komitmen yang kuat serta upaya yang maksimal untuk bisa mendapatkan pencapaian halal ini. MUI berharap, komitmen penyediaan obat bermutu dan halal ini bisa terwujud untuk masyarakat Indonesia,” ujar Lukmanul Hakim. 

Pimpinan Dexa Group Ferry Soetikno menyampaikan, Sertifikat Halal MUI atas produk-produk Dexa Group merupakan wujud tanggung jawab sosial dan komitmen kuat Dexa Group dalam memenuhi kenyamanan dan kebutuhan masyarakat atas produk halal khususnya masyarakat muslim di Indonesia. Sejak berdiri tahun 1969 di Palembang, PT Dexa Medica melakukan upaya secara terus-menerus dalam mengembangkan kapabilitas dan kapasitasnya dalam menghasilkan produk yang bermutu tinggi. Melalui komitmen kuat terhadap mutu ini, saat ini produk-produk Dexa Medica dapat bersaing di pasar global melalui ekspor ke empat benua yaitu Asia, Afrika, Eropa dan Amerika.

Sertifikat Halal atas produk-produk Dexa Group yang diterima dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) meliputi lebih dari 800 produk dari kategori obat, jamu/obat herbal/fitofarmaka, suplemen, dan vitamin, serta lebih dari 30 esktrak bio-active fraction. Bersamaan dengan penyerahan Sertifikat Halal, seluruh pabrik dalam Dexa Group, yaitu PT Dexa Medica pabrik Palembang dan Cikarang, PT Ferron Par Pharmaceuticals, PT Fonko International, serta PT Beta Pharmacon, juga menerima Status Sistem Jaminan Halal dengan kategori Sangat Baik (nilai A) sebagai pengakuan dari LPPOM MUI atas penerapan sistem produksi produk halal. Status Sistem Jaminan Halal kategori Sangat Baik ini juga diberikan kepada PT Anugrah Argon Medica sebagai distributor farmasi pertama di Indonesia yang menerapkan Sistem Jaminan Halal dalam sistem penyimpanan dan penyaluran produk farmasi. Sertifikat SJH sendiri diberikan jika sudah mendapat status SJH dengan nilai A sebanyak tiga kali. (AH)


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia