Info Halal

Halal Sebagai Standar Dalam Industri Pangan

Jakarta - Asia Manufacturing Summit: Food and Beverages, Plastic packaging and Plastic Recycling Technology 2019 kembali digelar di Indonesia. Acara yang bertempat di hotel JS Luwansa Jakarta ini berlangsung pada tanggal 27 - 28 Agustus 2019 dan menjadi ajang forum bagi para pelaku industri pangan, plastik dan kemasan.

Asia tenggara dan Indonesia khususnya memiliki kebutuhan dan permintaan produk pangan yang tinggi, diperkirakan pada tahun 2019 terjadi peningkatan permintaan sebesar 9% dibandingkan tahun kemarin. Ini menjadi sebuah potensi ekonomi yang potensial di industri pangan, terlebih dikaitkan dengan revolusi industri 4.0 yang semakin cepat.

Halal sebagai salah satu standar konsumsi masyarakat muslim menjadi salah satu perhatian dalam tema forum ini, dimana LPPOM MUI, melalui Wakil Direktur, Ir. Muti Arintawati, M.Si ikut memberikan presentasinya di acara tersebut. Melalui paparan bagaimana persyaratan sertfikasi halal sebagai sebuah standar industri produk pangan masa kini.

“Potensi peningkatan konsumsi produk halal global semakin naik dari tahun ke tahun, diperkirakan pada tahun 2020 konsumsi produk halal akan mencapai angka 2,6 Triliun USD. Ini menjadi potensi yang sangat besar untuk industri produk pangan, tidak terkecuali di Indonesia sebagai penduduk dengan populasi muslim terbesar di Indonesia. Sebab halal di Indonesia sudah menjadi nilai yang tidak bisa ditawar bagi konsumen muslim,“ ujar Wakil Direktur LPPOM MUI, Ir. Muti Arintawati, M.Si.

“Pada saat ini halal menjadi konsep yang universal, mencakup semua aspek kualitas, kebersihan, kesehatan serta layanan lainnya. Sertifikasi halal menjadi standar pilihan tidak hanya bagi kaum muslim saja, namun juga standar bagi konsumsi masyarakat non muslim. Halal telah menjadi isu global yang kini telah mencakup berbagai aspek kebutuhan dan kehidupan masyarakat.  Selain itu, sertifikat halal mampu memberikan nilai tambah bagi kuaitas produk pangan yang bisa membuat produk pangan mampu bersaing secara global dan memperluas pasar, ” ujar Muti dalam paparannya dalam forum tersebut.

Asia Manufacturing Summit: Food and Beverages, Plastic packaging and Plastic Recycling Technology 2019 ini merupakan acara tahunan yang kelima, dan menjadi suatu forum yang sukses diadakan setiap tahun. Selain menghadirkan beberapa praktisi industri produk pangan, event kali ini juga dihadiri para pembicara industri kemasan, plastik, alat produksi yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri.  (Ah)

 


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia