Info Halal

LPPOM MUI Rayakan Idul Adha 1440 H

Bogor - Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah pada 12 Agustus 2019 di GOR Victory, Ciomas, Bogor. Perayaan tahunan ini diselenggarakan dengan pemotongan hewan kurban yang akan dibagikan ke masyarakat sekitar.

Direktur LPPOM MUI Dr. Ir. H. Lukmanul Hakim, M. Si., mengatakan bahwa selama sepuluh tahun ini, upaya yang dilakukan LPPOM MUI dimaksudkan sebagai bentuk tanggung jawab lembaga tersebut kepada masyarakat sekitar. Dalam bentuk kegiatan sosial dan keagamaan.

“Distribusi daging kurban ini juga merupakan bagian dari upaya yang terus dilakukan dalam sosialisasi konsumsi halal sebagaimana kegiatan peduli dhuafa pada setiap Ramadhan, kepada masyarakat luas. Dan kegiatan ini telah dilakukan secara konsisten oleh LPPOM MUI selama sepuluh tahun terakhir ini,” ujar pimpinan LPPOM MUI ini.

Lukmanul Hakim menambahkan, berkurban menjadi salah satu upaya melanggengkan budaya ini. Meski hanya wajib bagi yang mampu, tapi alangkah lebih baik jika masyarakat muslim mau memanfaatkan kesempatan sekali dalam setahun ini dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, membumikan karya bukanlah hal sederhana. Namun, semuanya harus berani dimulai, setidaknya melalui kegiatan sosial di masyarakat. “Habluminannas wa habluminallah. Sesungguhnya, suatu urusan tidak akan tembus ke atas langit jika tidak selesai di bumi," sambungnya kembali.

Pada momen yang diselenggarakan LPPOM MUI ini, disembelih beberapa hewan kurban berupa satu ekor sapi dan enam domba/kambing. Acara ini juga diikuti oleh Muspida Kecamatan Ciomas, pimpinan Pondok Pesantren di lingkungan Ciomas, dan masyarakat umum. (IRJ, USM)

 


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia