Info Halal

Teman Halal Berkunjung Ke LPPOM MUI

Bogor - Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) kembali mendapat kunjungan. Kali ini, Teman Halal Bandung mendatangi Global Halal Center, Bogor, pada 05 Agustus 2019. Teman Halal adalah salah satu komunitas yang fokus membahas beragam hal terkait dengan halal haram produk, baik dari sudut pandang ilmiah maupun isu-isu terkini.

Kunjungan ke LPPOM MUI ini termasuk ke dalam salah satu program kerja Teman Halal, yakni Halal Trip. Kunjungan yang melibatkan 30 partisipan dari berbagai kalangan ini bertujuan untuk membuka wawasan peserta tentang halal secara lebih mendalam. Untuk selanjutnya, materi yang didapat akan didiskusikan kembali dan disebarkan melalui media sosial.

Sebelumnya, Lia Amalia, ST., SS., MT, Kepala Bidang Sosialisasi dan Edukasi Halal LPPOM MUI sempat diundang dalam acara launching Teman Halal pada 28 April 2019 lalu. Pada kesempatan tersebut, Lia Amalia menyampaikan materi terkait “Titik Kritis Kehalalan Pangan dan Obat-Obatan”. Sementara pada kunjungan kali ini, teman halal mendapatkan materi lebih dalam, yakni mengenai “11 Kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) dan Proses Sertifikasi Halal”.

Hal ini merupakan bentuk dukungan LPPOM MUI terhadap program-program komunitas dan pegiat halal di Indonesia. Semakin banyaknya komunitas dan pegiat halal, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah teredukasi mengenai halal. “Kami rutin melakukan diskusi isu terkini terkait halal, per dua minggu. Masing-masing anggota kami challenge untuk mengedukasi, paling tidak ke orang-orang di sekitar mereka. Jadi, perlahan informasi dan edukasi terkait halal ini tersebar,” ujar Fitri Nurafifah, CEO Teman Halal.

Fitri juga menambahkan bahwa saat ini komunitas Teman Halal juga sudah berdiri di Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) dan Universitas Sumatera Utara (USU). Semakin berkembangnya Teman Halal, ditambah dengan dukungan LPPOM MUI, diharapkan masyarakat Indonesia bisa menyadari bahwa Indonesia sesungguhnya memiliki potensi halal yang sangat besar. (YN, IRJ)


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia