Info Halal

LPPOM MUI Latih Juru Sembelih Halal

Bogor -  Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) bekerja sama dengan Halal Science Center IPB (HSC) menyelenggarakan Pelatihan Juru Sembelih Halal Hewan pada 4 Agustus 2019 di Kampus Gunung Gede IPB, Bogor. Sejumlah kurang lebih 80 orang pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dari Jabodetabek mengikuti pelatihan ini. 

"Pada kesempatan ini, kita tidak hanya akan mendengarkan materi, melainkan juga akan langsung mempraktikkan step-step yang telah disampaikan pemateri," Edit Lesa Aditia, S.Pt, M.Sc, selaku ketua panitia.

Pelatihan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha ini merupakan langkah kepedulian LPPOM MUI dan HSC terhadap terlaksananya penyembelihan hewan yang aman, sehat, dan sesuai syariah. Sehingga ke depannya diharapkan akan lebih banyak lagi juru sembelih yang memahami kaidah penyembelihan sesuai dengan kaidah Islam. 

Hal ini sangat penting untuk memperoleh daging yang tidak membahayakan atau mengganggu kesehatan konsumen. Artinya, daging tersebut harus halal, tidak kotor, tidak berbau, dan tidak busuk. Ini membutuhkan penanganan yang higienis dan tepat.

Penyembelihan menaruh peran penting dari keseluruhan proses tersajinya daging di meja makan. Ini karena penyembelihan menjadi salah satu faktor pemenuhan kriteria halal serta titik kritis dalam meghasilkan daging yang halal dan thoyib.

Faktanya, HSC IPB bersama FKH IPB masih banyak menemukan panitia pemotongan hewan kurban, khususnya, yang melakukan penyimpangan, mulai dari proses penanganan hingga proses distribusi daging sembelih. Hal ini juga menjadi dasar LPPOM MUI menaruh kepedulian yang tinggi terhadap proses penyembelihan.

"Itulah mengapa LPPOM MUI sangat peduli terhadap proses penyembelihan. Ditambah lagi, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LPPOM MUI sudah menjadikan juru sembelih sebagai salah satu profesi yang ke depannya akan menjadi andalan dalam aspek kehalalalan hewan," papar Ir. Osmena Gunawan, selaku Wakil Direktur LPPOM MUI.

HSC IPB juga telah menyatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan LSP LPPOM MUI telah melakukan pelatihan dan sertifikasi profesi kepada 150 juru sembelih halal di wilayah DKI Jakarta. (YN)


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia