Info Halal

Indofood Apresiasi Kinerja LPPOM MUI

Bogor (20/5) - Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) gelar buka puasa bersama PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk., di Hotel Onih, Bogor. 

Koordinator Sekretariat Halal Indofood (SHI), Agus Suprapto mengatakan bahwa kerjasama dengan LPPOM MUI sudah lama terjalin terutama dalam sertifikasi halal. Dari kerjasama ini tercipta lebih dari 700 orang Internal Halal Auditor (IHA), 400 orang yang sudah mengikuti pelatihan Sistem Jaminan Halal (SJH) berbasis HAS23000, dan 88 orang penyelia halal yang telah terakreditasi.

"Kami mengapresiasi kinerja LPPOM MUI dan berterima kasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini," ujar Agus.

Agus menambahkan, LPPOM MUI sudah mempunyai standar HAS23000 yang bagus dan dapat diandalkan. Standar ini sangat dibutuhkan, apalagi Indofood Grup mempunyai 65 pabrik. 

"Selain itu, LPPOM MUI sudah mempunyai sistem sertifikasi halal online Cerol-SS23000 yang sangat memudahkan proses sertifikasi halal," tutup Agus. 

Sementara itu, Direktur LPPOM MUI, Dr. Ir. Lukmanul Hakim, M.Si., mengatakan bahwa sertifikasi halal yang saat ini ada merupakan sebuah evolusi yang panjang dari dialog-dialog dengan semua stakeholder, termasuk dengan Indofood, dalam proses mencari formula yang terbaik. 

"Kaidah sertifikasi halal yang dipakai 'ainul yakin. Ketika ditemukan suatu bahan, harus betul-betul diyakini menurut ilmu pengetahuan yang ada. Oleh karenanya, auditor LPPOM MUI harus mempunyai kompetensi yang mumpuni," lanjut Lukmanul Hakim. 

Selain dengan ilmu pengetahuan, kata Lukmanul Hakim, sertifikasi halal juga perlu ditunjang dengan data yang jelas dan komprehensif. Untuk membuktikannya, auditor harus mengecek langsung ke lapangan. 

Buka puasa bersama ini dihadiri perwakilan dari SHI, Internal Halal Auditor Indofood, dan segenap pengurus dan staf LPPOM MUI. (YS)


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia