Info Halal

Vaksin BCG Biofarma Kantongi Sertifikasi Halal MUI

Ada kabar gembira dari PT Biofarma, BUMN produsen Vaksin dan Antisera, yang telah berhasil mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk Vaksin Bacillus Calmette–Guérin (BCG). Pada 18 April 2019, MUI sudah melakukan pembahasan dan menetapkan fatwa halal vaksin BCG dari Biofarma.

Ir. Hj. Muti Arintawati, M.Si Wakil Direktur LPPOM MUI, juga mengungkapkan kegembiraannya atas lahirnya vaksin produksi lokal (Indonesia) pertama yang tersertifikasi halal. Menurutnya, vaksin halal sangat ditunggu masyarakat muslim agar tidak ada keraguan lagi saat menggunakannya. “Keberhasilan ini adalah buah niat baik dan kerja keras dari pihak PT Biofarma bersama LPPOM MUI dan Komisi Fatwa MUI. Keberhasilan ini merupakan langkah awal kerja keras berikutnya untuk sertifikasi halal produk vaksin lainnya,” ungkap Muti.

Sementara itu, Dr. Ir. Mulyorini R. Hilwan, M.Si, Kepala Bidang Auditing LPPOM MUI, menjelaskan bahwa dalam proses sertifikasi PT Biofarma berupaya dengan sungguh-sungguh untuk memenuhi persyaratan 11 Kriteria HAS 23000, sehingga pada akhirnya bisa mengimplementasikan HAS 23000 dalam produksi BCG melalui tahapan yang cukup panjang.

“Tahapan dimulai dari pembentukan tim persiapan sertifikasi karena komitmen untuk memproduksi produk halal telah ditetapkan oleh Direksi.  Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan tim manajemen halal, in house training on HAS 23000 selama dua hari bagi orang-orang yang terlibat dalam aktivitas kritis, internal training, internal audit, dan sebagainya,” jelas Mulyorini.

Terjaminnya kehalalan vaksin ini diharapkan dapat melindungi anak-anak Indonesia sebagai penerus bangsa Indonesia. (YN)


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia