Info Halal

LPPOM MUI Hadir Di IIEFEST 2019

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) kembali membuka wadah konsultasi halal bagi masyarakat dan pelaku usaha. Konsultasi ini dilakukan dalam kegiatan Industri Halal Indonesia Islamic Economy Festival (IIEFEST) 2019 yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) pada 26 April 2019 di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat.

“IIEFEST merupakan bagian dari peluncuran master plan dari roadmap ekonomi syariah Indonesia 2019-2023 yang akan dikeluarkan oleh Presiden pada 14 Mei 2019,” jelas Deputi Bidang Promosi dan Hubungan Eskternal KNKS, Afdhal Aliasar—selaku ketua panitia IIEFEST 2019.

Pemilihan lokasi kegiatan yang mengangkat tema “Halal Lifestyle di Era Milenial” ini juga didasarkan karena Bandung dianggap sebagai ikon pertumbuhan lifestyle di Indonesia. Bandung juga terpilih sebagai sebagai salah satu dari 10 destinasi pariwisata halal terbaik di Indonesia Muslim Travel Index 2019.

Acara ini dihadiri dan diresmikan langsung oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Prof. Dr. Bambang Brodjonegoro. Sejumlah pelaku perbankan juga turut menghadiri acara ini. Pada kesempatan ini, Bambang mengungkapkan harapannya agar Indonesia menjadi pemain aktif pelaku industri syariah di dunia. Ia juga mengungkapkan IIEFEST 2019 diharapkan bisa memperkenalkan produk dan jasa keuangan syariah serta menumbuhkan ide-ide kreatif di kalangan Milenial.

“Kita ingin membangun basis produksi produk halal dan keuangan syariah khas Indonesia. Saya harap ide-ide kreatif muncul dari generasi Milenial. Ini menjadi tantangan bagi kalangan Milenial untuk menciptakan produk-produk halal dan syariah yang bisa disebarkan ke pasar dunia,” jelas Bambang Brodjonegoro.

Hal-hal ini diimplementasikan dalam setiap rangkaian acara IIEFEST 2019, di antaranya diisi oleh talk show dari 19 pelaku usaha industri halal. Meraka membagikan pengalaman tentang bagaimana tantangan serta memulai suatu usaha yang terkait dengan pengembangan industri halal dan ekonomi syariah. Ikut meramaikan acara ini yaitu ekspo dari 30 perusahaan syariah dan 4.000 peserta seminar.


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia