Info Halal

Halal Sebagai Bahasa Universal

Halal sebagai bahasa universal. Di dunia internasional, halal dikenal sebagai hygiene food, healthy food, dan premium food. Makanan halal memberikan kebaikan untuk semua.

 

Demikian diungkapkan oleh Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Ir. Sumunar Jati, pada pembukaan Pelatihan Interpretasi dan Implementasi Sistem Jaminan Halal (SJH) di IPB Convention Center, Bogor (9/4).

Pelatihan SJH yang diadakan oleh LPPOM MUI ini bekerja sama dengan Indonesia Halal Training and Education (IHATEC). Kali ini, pelatihan SJH dihadiri hampir 100 peserta dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Lebih lanjut, Sumunar Jati mengatakan pelatihan SJH merupakan langkah strategis dalam pemenuhan persyaratan sertifikasi halal sebagai upaya melaksanakan kewajiban sertifikasi halal sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yang diberlakukan pada 2019 ini.

“Halal memiliki dua dimensi, horizontal dan vertikal. Secara horizontal, halal adalah kepuasan pelanggan sebagai ketenteraman bagi umat manusia. Halal juga bisa menjadi nilai bisnis yang menjanjikan dan berlaku secara global,” lanjut Sumunar Jati.

Sedangkan dari dimensi vertikal, halal merupakan bentuk pemenuhan kewajiban atau perintah Allah Swt. dalam mengonsumsi produk halal. Selain itu, halal juga adalah bentuk tanggung jawab produsen kepada konsumen dalam menyediakan produk-produk yang jelas kehalalannya. (YS)


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia