Info Halal

Sido Muncul Raih Sertifikat Halal MUI

Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk berhasil mengantongi sertifikat halal dari MUI untuk 241 produk mereka. Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat mengumumkan kabar tersebut di konferensi pers yang diadakan di kantor Sido Muncul, Cipete, Jakarta, Jumat (8/3/2019). “Ada 241 produk yang mendapat sertifikat halal dari 270 produk yang kami ajukan. Kami mendapat izin ini memakan waktu sekitar 10 bulan, karena tidak gampang,” ungkap Irwan, seperti dikutip Tribunnews.com.

Beberapa produk yang belum memperoleh sertifikasi halal dari MUI, menurut Irwan, dikarenakan kurangnya dokumen tambahan yang dibutuhkan MUI untuk menilai produk. Beberapa diantaranya dikarenakan beberapa suplier penyedia bahan produk yang belum selesai memperpanjang sertifikat halal mereka.

“Setelah suplier kami selesai memperpanjang sertifikasi halal-nya, kami akan langsung submit, setelah itu kira-kira dua bulan proses untuk mendapatkan sisa sertifikat halal produk yang belum,” jelas Wahyu, Direktur Pabrik Sido Muncul.  

Ditambahkan, sertifikasi halal ini dilakukan Sido Muncul untuk memberikan keyakinan pada masyarakat kalau produk mereka aman untuk dikonsumsi siapa saja. Tidak tercemar hal-hal yang diharamkan, terutama untuk Muslim.

Selain sertifikat halal, upaya lain yang sido muncul lakukan adalah dengan mengadakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang digunakan untuk identifikasi DNA yang diujikan.

Setiap batch produksi dicek dalam lima tahap, cek bebas pestisida, pupuk, logam berat, aflatoksin, cemaran mikroba dan DNA. Semua ini demi menjaga kalau produk yang dihasilkan tidak tercemar. “Semua ini dilakukan Sido Munucl sebagai bentuk tanggung jawab mereka pada masyarakat. “Ini sebagai niat baik kami tanggung jawab kami pada konsumen,” ungkap Irwan lagi.

Wakil Direktur LPPOM MUI, Ir. Muti Arintawati, M.Si membenarkan bahwa proses penanganan sertifikasi halal untuk rangkaian produk Sido Muncul memang cukup lama. Sebab, selain item yang diperiksa cukup banyak, Sido Muncul juga melibatkan banyak sekali mitra pemasok, sehingga penelusuran kehalalan bahannya membutuhkan waktu. “Alhamdulillah, pihak Sido Muncul sangat kooperatif, sehingga dokumen kelengkapannya bisa segera dipenuhi,” ujar Muti. (***)

 

Sumber Foto: www.tribunnews.com

 


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia