Info Halal

INDHEX 2018, Jalan Menuju Arus Baru Ekonomi Indonesia

JAKARTA—Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) kembali menggelar internasional Indonesia Halal Expo (Indhex) ke-8 yang digelar Kamis-Sabtu (1-3/10/2018) di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

 

Dikatakan Direktur LPPOM MUI Dr. Lukmanul Hakim, M.Si, Indhex ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM melalui sertifikasi halal. Ketika UMKM semakin kuat, maka akan berujung dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

“Ini sesuai dengan misi Majelis Ulama Indonesia dengan gerakan arus baru ekonomi Indonesia,” ujar Lukmanul Hakim saat memberi sambutan pada pembukaan Indhex 2018 di Gedung Smesco, Jakarta, Kamis (1/10/2018).

 

Penguatan UMKM, jelas Lukmanul, bukan berarti membenturkan perusahaan besar dengan perusahaan kecil (UMKM). Tapi membangun kemitraan dan kolaborasi menuju kesejahteraan umat.

 

Hal ini dipertegas oleh KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum MUI. “MUI mengusung arus baru ekonomi dalam rangka pemberdayaan ekonomi umat. Bukan melemahkan ekonomi kuat, melainkan menguatkan ekonomi lemah. Bukan untuk membenturkan antara ekonomi kuat dengan ekonomi lemah, melainkan untuk kolaborasi, bermitra antara satu sama lain. Sehingga ekonomi umat menjadi kuat,” ungkap Kyai Ma’ruf.

 

Menurut Kyai Ma’ruf, UMKM merupakan ujung tombak perekonomian umat. Penguatan UMKM melalui sertifikasi halal merupakan keniscayaan. “Sertifikasi halal menjadi kekuatan daya saing UMKM, karena tuntutan konsumen akan ketersediaan pangan halal semakin meningkat,” jelas Kyai Ma’ruf.

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Puspayoga yang turut hadir pada pembukaan Indhex 2018 menyambut baik gerakan arus baru ekonomi Indonesia yang digagas MUI. Seperti diketahui, kondisi perekonomian di dunia tengah terjadi pelemahan. Sehingga perlu inovasi guna menguatkan ekonomi Indonesia.

 

LPPOM MUI dalam Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018 mengusung tema “Peningkatan Daya Saing UMKM dengan Sertifikasi Halal.

 

Indhex 2018 menghadirkan berbagai kegiatan, mulai dari pameran produk halal dari perusahaan besar yang bermitra dengan UMKM serta para pelaku usaha kecil. Indhex juga diadakan konsultasi dan coaching clinics bagi para pelaku UMKM binaan Smesco dan Kementerian Koperasi dan UKM, serta aneka kegiatan lainnya.

 

Pembukaan Indhex Smesco 2018 juga akan dimeriahkan dengan pengumuman Halal Top Brand 2018, berupa penghargaan dari LPPOM MUI untuk merek halal terbaik.*

 

 


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia