Info Halal

Wisata Halal UHAMKA Ke Indofood

Cibitung – Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) bekerja sama dengan PT. Indofood CBP Sukser Makmur kembali menggelar Wisata Halal, kali ini lebih dari 150 mahasiswa dari Fakultas Gizi Universitas Prof. Dr. Hamka mengunjungi Indofood Divisi Seasoning, pada Kamis (16/8).

Rombongan diterima oleh langsung oleh Manajer Pabrik PT. Indfood CBP Sukses Makmur Divisi Seasoning, Usman Kamis. Dalam sambutannya, Usman mengapresiasi kegiatan wisata halal ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk berbagai pihak,  baik perusahaan maupun mahasiswa sendiri.

“Melalui wisata halal ini, perusahaan bisa memberikan edukasi bagi mahasiswa bahwa perusahaan secara konsisten menerapkan kebijakan halal pada setiap proses produksi sesuai dengan standar kriteria sistem jaminan halal. Hal ini sangat penting dalam menjamin proses dari bahan hingga pengemasan tidak adanya bahan dan kontaminasi dari sesuatu yang haram dan najis,” lanjut Usman.

Senada dengan Usman, Kasubid Sosialisasi dan Edukasi Halal LPPOM MUI, Nadia Lutfi Masduki mengatakan bahwa wisata halal ini merupakan salah satu kegiatan rutin LPPOM MUI untuk mensosialisasikan halal kepada pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat lainnya dengan berkunjung ke pabrik perusahaan yang telah bersertifikat halal untuk melihat langsung proses produksi.

“Dengan wisata halal ini diharapkan menjadi sarana para mahasiswa dalam belajar tentang halal dan bagaimana halal menjadi standar utama dalam proses produksi dalam menjamin suatu produk layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas,” lanjut Nadia.

Sementara itu, ketua rombongan mahasiswa UHAMKA dan juga salah satu auditor halal LPPOM MUI, Mira Sofyaningsih mengatakan begitu besar manfaat dari kunjungan ini. Untuk menambah pemahaman siswa, khususnya dalam pengawasan mutu makanan khususnya mengenai sistem jaminan halal. Mahasiswa menjadi lebih mengerti bagaimana suatu perusahaan menjaga kehalalan semua bahan secara konsisten.

Pada acara ini para mahasiswa diajak untuk berkeliling di area pabrik untuk melihat keseluruhan proses pembuatan bumbu, kecap, saus dan sirup, dimulai dari laboratorium mikrobiologi. Di lab ini semua bahan diperiksa secara teliti untuk memastikan bahan terbebas dari mikroba. Laboratorium kimia pun tak luput dari kunjungan para mahasiswa.

Setelahnya laboratorium, satu persatu proses pembuatan kecap, saus, bumbu dan sirup pun dikunjungi. Pada setiap tahapnya, bahan diuji sebanyak 3x, sebelum masuk ke ruang produksi, selama produksi dan setelah pengemasan. Hal ini dilakukan untuk memastikan produk benar-benar layak untuk dirilis ke pasaran, apabila tidak lolos dalam satu tahap uji saja, produk langsung dilabeli tidak layak edar.

Selain wisata halal, LPPOM MUI juga secara rutin kegiatan Welcome to Global Halal Centre untuk memfasilitasi pelajar, mahasiswa maupun masyarakat lainnya untuk mengenal tentang halal langsung di kantor pusat LPPOM MUI. ***

 


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia