Info Halal

LPPOM MUI Gorontalo Gelar Pelatihan Cerol-SS23000

Gorontalo (4/6). Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Gorontalo menggelar pelatihan Sistem Jaminan Halal dan Sertifikasi Halal Online Cerol SS-23000 pada 26 – 28 Mei 2018 lalu di Grand Palace dan Kampus Universitas Negeri Gorontalo. Pelatihan ini diikuti sekitar 50 peserta yang berasal dari auditor halal LPPOM MUI Gorontalo dan UKM/Perusahaan.

 

Dalam sambutannya, Ketua Umum MUI Provinsi Gorontalo, H. Abd. Rahman Abubakar Bahmid, Lc sangat mengapresiasi langkah maju yang dilakukan LPPOM MUI Gorontalo dalam memberikan pelayanan ke masyarakat yang ingin mendaftarkan sertifikasi halal produknya.

 

“Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, dirasakan sangat perlu adanya sertifikasi halal untuk melindungi masyarakat. Bahan-bahan atau produk yang dijual tidak hanya berasal dari dalam negeri, tapi datang dari berbagai negara, maka sertifikasi halal dilakukan untuk memastikan kehalalannya,” lanjut Bahmid.

 

Selain itu, tambah Bahmid, dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan para pelaku usaha yang akan mendaftarkan produknya lebih mengerti persyaratan dan prosedur sertifikasi halal, termasuk mengetahui dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan.

 

Adapun pemateri kegiatan ini merupakan trainer dari LPPOM MUI Pusat, Aji Jumiono dan Aang Ahyarudin dan diikuti sangat antusias oleh seluruh pengurus, staf dan auditor LPPOM MUI Gorontalo.

 

Dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan materi persyaratan sertifikasi halal yang berisi kebijakan dan prosedur, kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH), pembuatan Manual SJH serta belajar bagaimana menggunakan sistem sertifikasi online Cerol SS-23000 yang disampaikan oleh trainer dari LPPOM MUI Pusat, Aji Jumiono dan Aang Ahyarudin.

 

Diharapkan setelah pelatihan ini, maka pelayanan sertifikasi online bisa diterapkan di Provinsi Gorontalo. Sehingga memudahkan perusahaan dalam mengakses pendaftaran sertifikasi halal tanpa harus jauh-jauh mengisi formulir pendaftaran ke kantor LPPOM MUI Gorontalo. (AA)


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia