Info Halal

LPPOM MUI Gelar Workshop Halal

Jakarta - Pada gelaran pameran Lab Indonesia 2018, selain seminar, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) juga mengadakan workshop. Kali ini mengenai Isolasi DNA dan PCR DNA Babi untuk Deteksi Kehalalan di Ruang Nuri, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada Kamis, (5/4).
 
Pada pembukaan acara, Kepala Laboratorium Halal LPPOM MUI, Prof. Dr. Ir. Purwantiningsih, MS. mengatakan bahwa hasil lab menjadi pendukung dalam proses sertifikasi halal.
 
"Sebagai proses otentifikasi dalam proses sertifikasi halal, hasil lab akan menjadi rujukan rapat komisi Fatwa MUI, selain dokumen-dokumen pendukung halal lainnya. Melalui uji lab, dipastikan bahwa setiap bahan terbebas dari cemaran najis", Lanjut Purwantiningsih.
 
Tujuan dari acara ini lanjut Purwantiningsih, yaitu untuk mempelajari teknik isolasi DNA dan PCR DNA babi, yaitu mengekstraksi DNA dari varian sampel yang biasa diuji untuk kemudian dianalisa dalam pengujian halal.  
 
Workshop diikuti berbagai kalangan baik profesional maupun civitas akademika. Mereka sangat antusias mengikuti rangkaian acara workshop ini. Mulai dari proses ektraksi DNA, penentuan konsentrasi DNA hasil ekstraksi hingga sampai pengujian pada real-time PCR.
 

 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia