Info Halal

Komunitas Chef Berkumpul Di Global Halal Centre

Bogor (22/2), Selama hampir seharian penuh, puluhan chef dari berbagai komunitas di Indonesia berkumpul di gedung Global Halal Centre LPPOM MUI di Bogor untuk mengikuti Training of Trainer (ToT) Kader Dakwah Halal yang diadakan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

 

Dalam sambutannya, Direktur LPPOM MUI, Dr. Lukmanul Hakim, M.Si. menyampaikan bahwa perkembangan halal saat ini semakin pesat, bahkan sudah menjadi instrumen dalam perdagangan dunia. Hal itu sangat mendasar mengingat halal menjadi keunggulan bersaing dan tolak ukur dalam memenuhi kepuasan konsumen. Oleh karenanya, semua pihak harus meningkatkan kesadaran akan halal, terutama chef sebagai salah satu pelaku perdagangan.

 

“Dalam prakteknya, chef berusaha untuk memberikan rasa dan cita rasa terbaik kepada konsumen untuk terus meningkatkan nilai perdagangan. Sebagai seorang chef halal, sangat penting untuk memadukan kedua hal tersebut agar sesuai dengan persyaratan halal, ini adalah tantangannya. Tentu, ini membutuhkan keinginan yang kuat dan usaha yang keras dari berbagai pihak dalam memenuhi  standar halal yang telah ditetapkan,” lanjut Lukmanul Hakim.

 

ToT ini, lanjut Lukmanul, merupakan salah satu usaha ke arah sana. Para chef diperkenalkan dengan standar halal yang ada di MUI, mulai pengantar halal haram menurut Al-Qur’an dan Hadits, Pengantar sertifikasi halal hingga pengenalan 11 kriteria SJH.

 

Sementara itu, Ketua Chef Halal Indonesia, yang memprakarsai ToT ini, Chef Herman mengatakan bahwa sebagai seorang “raja” kecil di dapur, seorang chep harus mengetahui semua hal tentang bahan-bahan masakan, terutama terkait halal. Apabila terpenuhi, maka Insya Allah semua restoran akan halal.

 

“Harapannya dengan ToT ini, para chef bisa mendapatkan pengetahuan tentang halal serta dapat menerapkan standar halal dari MUI. Untuk selanjutnya, dapat ditularkan kepada bawahannya dan ataupun pada chef yang lainnya,” lanjut Herman.

 

Acara ToT ini diikuti lebih dari 40 orang yang berasal dari berbagai komunitas chef yang ada di Indonesia. ***


 
Artikel Lainnya

© Copyright 2014 Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia